Breaking News

Rabu, 10 Juni 2015

Kantin Sekolah

Paradise Magz - Kalau ditanya nama di atas, sahabat pembaca tentu sudah tau dan bahkan lebih paham dari kami yang menulis ini. Walaupun demikian apakah teman-teman pernah mencari tahu darimana asal nama kantin itu ? jika tidak tak apa-apa kok, namanya juga manusia yang baru belajar.  Bagi yang belum tahu, simak tulisan berikut ini, ya!. Jika sudah tahu lanjut baca kebawah ya sahabat.
Kata kantin berasal dari bahasa Belanda, yakni Kantine yang berarti sebuah ruangan dalam sebuah gedung umum yang dapat digunakan pengunjungnya untuk makan, baik makanan yang dibawa sendiri maupun yang dibeli disana. Kantin sendiri haruslah memiliki prosedure tersendiri tentang mengolah makanan dan menjaga kebersihan lingkungan kantin agar kantin selalu sehat.
Di Indonesia kantin umumnya sudah ada disekolah-sekolah. Biasanya kantin menjadi tempat berkumpul bagi para murid, guru, dan bahkan pejabat di sekolah tersebut. Kantin menjadi tempat yang penting bagi para siswa karena kantin juga dapat digunakan sebagai tempat sosialisasi lisan. Pesan – ambil – bayar – duduk atau pesan – ambil – duduk – bayar. Mungkin merupakan prinsip para pengguna kantin. Ramainya kantin disebabkan oleh orbrolan siswa yang makan bersama. Bagi mereka kantin tidak hanya untuk duduk, makan, bayar. Tapi, juga terjadi pertukaran informasi tertentu. Ada sebuah kata bijak yang tidak diketahui siapa yang merangkainya.
“Jika ingin tahu kondisi warga, dan  informasi di perkampungan, maka datangilah warung/ lapau dan tempat keramaiannya.
Kantin di SMA N 1 Batusangkar, terdapat 2 buah kantin untuk siswa-siswinya. Kantin pertama adalah Boenda Café kantin yang sudah didirikan sejak tahun 2001 ini. Makanan yang disediakan pun juga beragam. Mulai dari Lontong sampai Campuran Lontong (GADO-GADO). Harga yang ditawarkan cukup terjangkau oleh saku anak-anak sekolah saat ini. Letaknya cukup strategis dilingkungan sekolah, kantin ini berdampingan dengan mushalla Al-Irsyad.
Kantin kedua Istiqomah dari artinya saja sahabat pembaca udah tahu kan ?kantin ini baru diresmikan tidak lama ini, yaitu sekitar awal-awal bulan Januari 2015. Dikantin ini banyak juga yang disediakan nya seperti Soto, Lontong, Nasi Goreng, dan masih banyak lainnya. (Mats Inakri)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Luangkan Waktu Anda untuk Mengisi Komentar pada kolom yang telah disediakan demi pembaharuan kedepannya. Terima kasih

Designed By Mr. Miko