Breaking News

Rabu, 03 Februari 2016

Seujung Kuku tuk Hal Yang Berharga


HARI GURU - Tampak kecerian pada wajahnya ketika mereka akan lahir


Batusangkar, Paradise Magz - (25/11),  “Kehadiranmu, bagai pelita dalam gelap gulita, bagai embun di padang gersang, bagai cahaya dalam suramnya malam. Sosok yang tiada henti menyalurkan kasih sayang, ketulusan, dan kelembutan tanpa pamrih, tak terbersit pikiranmu menuntut balas terhadap apa yang telah engkau salurkan, walaupun besar pengorbanan yang kau berikan. Hatimu bagaikan berlian putih berkilau, memancarkan kilauan, dan hati baja yang tak pernah lebur tersentuh api, seakan tak ada goresan nyata di hati bajamu. Betapa mulia dirimu, pahlawan tanpa tanda jasa (guru).
 
Pahlawan tanpa jasa, sebutan khusus yang di persembahkan kepada malaikat pengiring success, yakni guru. Apabila terdapat rumus untuk menghitung banyak kepedihan dan ketulusan yang di berikan guru, tentu rumit untuk mendapatkan kebenaran dari rumus tersebut. Walaupun ada alat hitung sekalipun, takkan bisa memberikan hasil yang sempurna dengan kenyataan yang guru alami.  

Guru memang tidak pernah menuntut bayaran atas berlian yang telah ia berikan, sekalipun berlian itu mahal. Tapi, apakah siswa sanggup menerima hadiah besar itu dengan tangan kanan saja? Tentunya, diperlukan tangan kiri untuk menopang hadiah besar itu. Sulit untuk mendapatkan tangan kiri yang mampu menopang berlian tersebut agar seimbang dan tidak jatuh hancur. Sedikit demi sedikit, tangan kiri tersebut harus mampu melakukannya. Untuk itu, agar tangan kiri siswa dapat menopang pemberian besar dari guru, maka siswa berusaha untuk membalas tujuan baik guru tersebut. 

25 November, adalah peluang baik bagi siswa nusantara untuk menunjukkan kecintaannya terhadap guru. Dimana, tanggal tersebut merupakan ulang tahun guru se-Indonesia. Siswa berlomba-lomba untuk mencari dan melatih tangan kiri yang mampu untuk menyeimbangi hadiah yang selama ini di topang dengan tangan kanan, banyak hal yang dilakukan oleh siswa nasional, terutama SMA 1 Batusangkar.

Perayaan tahun ini,  SMA 1 Batusangkar mengadakan acara unique, yaitu menghias kue dan membuat onde-onde. Apanya yang unique ??? :/ . Menghias kue dan membuat onde-onde adalah kegiatan yang menyangkut wanita. Nahhh... di sini nih yang unique nya, menghias kue masih tetap dilakukan guru-guru perempuan, daaaannn ..... guru laki-lakilah yang mendapat giliran membuat onde-onde. :D :)) . Selain itu, pelepasan balon juga mengisi keunikan dari perayaan tersebut. Saat itu, bayangan-bayangan malaikat tampak dari pancaran senyum dan tawa yang menghiasi wajah lembut sang guru. 

Perayaan kali ini, merupakan perayaan ke puluhan kali lebih yang telah diselenggarakan di SMA 1 Batusangkar. Tentu, ada perubahan yang dirasakan oleh guru maupun siswa dari tiap perayaan tersebut. “Perayaan Hari Guru Nasional 2015 kali ini cukup meriah. Tetapi sebaiknya, upacara juga turut menghiasi kemeriahan tersebut, dimana guru-lah yang menjadi pelaksana upacara tersebut, serta siswa menjadi peserta upacara, dari sanalah siswa bisa mempelajari,  bagaimana pelaksanaan upacara yang baik dan benar,” pendapat tegas Sakirman, salah satu guru SMA 1 Batusangkar.

            Acara perayaan tersebut lancar, tentu diperlukan pengorbanan dari organisasi sekolah (OSIS). Semua kegiatan perayaan tersebut, merupakan rencana dari schedule yang telah disusun. “ Acara perayaan tahun ini, lebih seru, dan semua guru turut berpartisipasi menyemarakkan kegiatan tersebut, walaupun tema yang digunakan pada tahun ini sama dengan perayaan tahun sebelumnya, yaitu bertemakan “masakan, tetapi acara tahun ini lebih bervariasi dan berkreasi, hanya saja, kendala yang timbul adalah waktu, dimana tidak sesuai dengan yang direncanakan. Saran kami untuk kedepannya, lebih ditingkatkan lagi, mempersiapkan sarana dan prasarana lebih baik lagi, dan tepat waktu dalam pelaksanaan,” pernyataan manis salah satu pengurus OSIS. (GR23 & RN12)


Reporter : Febriani
Gabriella Reinaldo
Editor : Yumesa Fadilla Riyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Luangkan Waktu Anda untuk Mengisi Komentar pada kolom yang telah disediakan demi pembaharuan kedepannya. Terima kasih

Designed By Mr. Miko